Kamis, 11 April 2013

RANGKUMAN VIDEO JARINGAN KABEL DAN TANPA KABEL

TUGAS JARINGAN KOMPUTER


Jaringan kabel ada beberapa peralatan atau komponen yang di butuhkan yaitu :
1. Komputer
2. Switch
3. Kartu jaringan tipe PCA
4. Kartu jaringan tipe PCMCIA
5. Kabel jaringan/UTP

 Jaringan Nir kabel ada beberapa peralatan atau komponen yang di butuhkan yaitu :
1. Komputer
2. Akses jaringan wireless
3. Kartu wireless tipe PCA
4. Kartu wireless tipe PCMCIA
5. Switch
6. Sebagai tambahannya yaitu, Router untuk akses internet dan print server.

Ø Jaringan Kabel
Sesudah peralatan di atas terpenuhi maka kita bisa memulai untuk memasang jaringan, karena dalam sistem komputer sudah ada tempat untuk kabel jaringan. Dengan menggunakan kabel jaringannya di rangkai sendiri kemudian di lakukan pengecekan terhadap kabel jaringannya.

Memasang Kartu Jaringan
Buka CPU lalu pasang kartu jaringan dan tutup kembali CPU. Setelah itu kita periksa dahulu apakah kartu jaringan sudah terdeteksi atau belum. Selanjutnya kita siapkan komponen-komponen lain seperti switch dan kabel. Kita hubungkan komponen-komponen tersebut. Ketika lampu switch telah menyala artinya jaringan telah terhubung. Maka lakukan penginstalan driver.

Instal Driver
Protocol yang digunakan sebaiknya hanya memasang 1 buah protocol saja. Protocol ini berfungsi untuk menghubungkan computer ke dunia luar / dunia internet. Protocol yang digunakan kita bisa memilih protokol TCP/IP. Setelah itu lakukanlah konfigurasi protocol serta lakukan penginstalan jika protocol tersebut belum tersedia di computer anda. Lalu setting properties untuk settingan IP. Setelah itu buat workgroup untuk computer tersebut. Dan setelah itu cek apakah jaringan sudah terinstal atau tersetting dengan baik.
Setelah semuanya tersetting dengan baik maka kita bisa melakukan sharing data baik berupa folder, file, dokumen, image, maupun berupa video.



Ø Jaringan Tanpa Kabel
Wireless LAN
Jaringan nirkabel tidak di pusingkan dengan pemasangan kabel. Ada 2 type jaringan yaitu AD hoc dan Infrastruktur wireless LAN. Dalam infrastruktur kita dapat menggunakan akses point yang terhubung dengan jaringan internet dan kemudian di hubungkan pada kabel jaringan kebanyakan jaringan nirkabel menggunakan type jaringan ini. PCMCIA digunakan pada notebook dan PCA untuk  PC / Komputer. Kemudian instal drivernya dengan menggunakan software tambahan untuk mengatur jaringannya.

Instal Wireless PCA Driver
Windows XP akan mendeteksi hardware baru secara otomatis, mengarahkan posisi dimana kita menempatkan driver PCA. Kemudian dibuktikan apa jaringan nya menggunakan wireless.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar